Kebidanan

Kebidanan, Praktek kebidanan, dan Asuhan Kebidanan

Sumber : IBI (www.bidanindonesia.org)

Apakah Yang Dimaksud dengan Kebidanan ?

Kebidanan adalah bagian integral dari sistim kesehatan dan berkaitan dengan segala sesuatu yang menyangkut pendidikan, praktek dan kode etik bidan dimana dalam memberikan pelayanannya mengyakini bahwa kehamilan dan persalinan adalah suatu proses fisiologi normal dan bukan merupakan penyakit, walaupun pada beberapa kasus mungkin berkomplikasi sejak awal karena kondisi tertentu atau komplikasi bisa timbul kemudian. Fungsi kebidanan adalah untuk memastikan kesejahteraan ibu dan janin / bayinya, bermitra dengan perempuan, menghormati martabat dan memberdayakan segala potensi yang ada padanya.

Apakah Yang Dimaksud dengan Praktek Kebidanan ?

Praktek Kebidanan adalah asuhan yang diberikan oleh bidan secara mandiri baik pada perempuan yang menyangkut proses reproduksi, kesejahteraan ibu dan janin / bayinya, masa antara dalam lingkup praktek kebidanan juga termasuk pendidikan kesehatan dalam hal proses reproduksi untuk keluarga dan komunitasnya.

Praktek kebidanan berdasarkan prinsip kemitraan dengan perempuan, bersifat holistik dan menyatukannya dengan pemahaman akan pengaruh sosial, emosional, budaya, spiritual, psikologi dan fisik dari pengalaman reproduksinya.

Praktek kebidanan bertujuan menurunkan / menekan mortalitas dan morbilitas ibu dan bayi yang berdasarkan ilmu-ilmu kebidanan, kesehatan, medis dan sosial untuk memelihara, meningkatkan dan melindungi kesehatan ibu dan janin / bayinya.

Apakah yang Dimaksud dengan Asuhan Kebidanan ?

Asuhan Kebidanan: Adalah prosedur tindakan yang dilakukankan oleh bidan sesuai dengan wewenang dalam lingkup prakteknya berdasarkan ilmu dan kiat kebidanan, dengan memperhatikan pengaruh – pengaruh sosial, budaya, psikologis, emosional, spiritual, fisik, etika dan kode etik serta hubungan interpersonal dan hak dalam mengambil keputusan dengan prinsip kemitraan dengan perempuan dan mengutamakan keamanan ibu, janin / bayi dan penolong serta kepuasan perempuan dan keluarganya. Asuhan kebidanan diberikan dengan mempraktikan prinsip-prinsip bela rasa, kompetensi, suara hati, saling percaya dan komitment untuk memelihara serta meningkatkan kesejahteraan ibu dan janin / bayinya.

———————————————————————————–

21 Komentar Add your own

  • 1. ita  |  10 Desember 2012 pukul 7:52 pm

    poltekkes bandung da cabangnya di subang bener tidak?

    Mod :
    Sampai saat ini Poltekkes Kemenkes Bandung belum membuka Prodi di Subang, untuk melihat Jurusan/Prodi yang ada di Poltekkes Kemenkes Bandung, silahkan klik link berikut http://www.poltekkesbandung.ac.id/posts/view/jurusan_prodi

    Balas
  • 2. nia oktaviani  |  9 Februari 2013 pukul 9:43 am

    asalamualaikum…
    kak mau tanya tentang kebidanan.
    kebidanan negri itu ada di daerah mana saja kak, dan tolong sertakan nama kampusnya

    Mod :
    Prodi D-III dibawah Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung ada di Bandung, Bogor, Karawang

    Balas
  • 3. Paska Sinaga  |  11 Februari 2013 pukul 10:42 pm

    saya mw minta informasinya, pljran apa saja yg dipelajari jurusan kebidanan?

    Mod :
    Untuk melihat Mata Kuliah di Jurusan Kebidanan silahkan klik tautan berikut http://www.poltekkesbandung.ac.id/posts/view/kalender_akademik

    Balas
  • 4. lia  |  6 Maret 2013 pukul 9:26 pm

    sekolah kebidanan ini termasuk negeri atau swasta ya dan masih ada hubungan kebidanan yang ada di universitas padjadjaran bandung ?

    Mod :
    Prodi Kebidanan (Bandung, Bogor, Karawang) berada dibawah Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung, tidak ada hubungan struktural dengan Unpad

    Balas
  • 5. lia  |  28 Juni 2013 pukul 1:49 pm

    oh ya kka mkasih bru saya bls

    Balas
  • 6. Tiara  |  14 September 2013 pukul 12:06 pm

    bagaimana mekanisme pendaftaran untuk prodi kebidanan ?

    Mod :
    Pendaftaran biasanya dilaksanakan mulai bulan April s.d. Juli.
    Silahkan kunjungi situs Poltekkes Bandung http://www.poltekkesbandung.ac.id/

    Balas
  • 7. wisnu sugiantoro  |  22 November 2013 pukul 10:10 am

    Sya mu tnya almt lngkp kmpus ni dmn? Dan ad kntak person yg bsa sy hbungi? Sbb adik sya sdang mncri kmpus dngn jrusan kebidanan mhon blsanya…..

    Mod :
    Alamat Kampus Program Studi Kebidanan Karawang adalah di Jl. Kertabumi No. 74 Karawang.
    Prodi Kebidanan Karawang berada dibawah Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Bandung, yang beralamat di Jl. Pajajaran No. 56 Bandung, dengan alamat situs web http://www.poltekkesbandung.ac.id/

    Balas
  • 8. Marentina Sitorus  |  13 Januari 2014 pukul 2:34 pm

    saya mau tanya untuk tahun ajaran baru di 2014 ini dimulai kapan ya?
    dan kapan mulai pendaftarannya untuk ajaran baru 2014 ini?

    Mod ;
    Tahun ajaran baru 2014 awal September 2014.
    Pendaftaran biasanya mulai bulan April atau Mei.
    Silahkan pantau di http://www.poltekkesbandung.ac.id

    Balas
  • 9. meta agustina  |  15 Januari 2014 pukul 3:16 pm

    As . .
    saya mau tanya apaka kalau masuk bidan itu badan harus tinggi dan nilai harus bagus???

    Mod ;
    Tinggi badan minimal 150 CM, harus lulus SMA/MA dan memiliki surat keterangan hasil ujian, hurus lulus ujian masuk (uji tulis, kesehatan dan psikotest).
    Untuk pendaftaran silahkan pantau di http://www.poltekkesbandung.ac.id

    Balas
  • 10. nifa  |  10 Februari 2014 pukul 9:00 am

    maaf mau tanya, apakah benar syarat pendaptaran poltekkes itu harus wanita yang masih perawan? Mohon jawabanya

    Mod :
    Syarat Pendaftaran Poltekkes Bandung, silahkan lihat di http://www.poltekkesbandung.ac.id/posts/view/jalur_ujian_tulis_jalum

    Balas
  • 11. nur aini  |  11 Februari 2014 pukul 8:46 pm

    kalo dari ips bisa gak sih ambil jurusan bidan ?

    Mod :
    Bisa

    Balas
  • 12. itafika  |  20 Februari 2014 pukul 4:28 pm

    apa benar kuliah kebidanan banyak menghafal ? berarti harus yg benar2 pintar dong ?

    Mod :
    Apabila Anda baca artikel “Kebidanan, Praktek kebidanan, dan Asuhan Kebidanan” di atas, maka Anda akan mendapat gambaran apa yang akan Anda pelajari dalam kuliah Kebidanan. Jadi bukan hanya sekedar “menghafal”

    Balas
  • 13. risnayati  |  21 Februari 2014 pukul 12:26 pm

    Kak daftar kebidanan bandung gimana caranya? kok lewat jalur pmdp ga bisa?

    Mod :
    Yang sudah dimulai pendaftarannya adalah untuk jalur PMDP. Khusus untuk Jurusan/Prodi Kebidanan tidak ada jalur PMDP, hanya melalui Jalur Ujian Tulis, yang biasanya baru akan dimulai pada bulan April atau Mei.

    Balas
  • 14. Juanan Rosul  |  21 Februari 2014 pukul 7:38 pm

    Assalamu’alaykum

    Mbak, sipenmaru POLTEKES BANDUNG kan sudah dibuka yah, tapi kenapa prodi Kebidanan Karawang tidak ada didalam kolom jurusan. Bahkan Jurusan kebidanan pun tidak ada. Adik saya hendak mendaftar ke prodi kebidanan kampus karawang mbak.

    mohon informasinya.

    Mod :
    Yang sudah dimulai pendaftarannya adalah untuk jalur PMDP. Khusus untuk Jurusan/Prodi Kebidanan tidak ada jalur PMDP, hanya melalui Jalur Ujian Tulis, yang biasanya baru akan dimulai pada bulan April atau Mei.

    Balas
  • 15. windy  |  5 Maret 2014 pukul 1:21 pm

    bagaimana cara pendaftaran nya untuk cab. karawang kebidanan ? mohon sertakan link nya terimakasih

    Mod :
    Pandaftaran untuk semua Jurusan (termasuk Kebidanan Karawang) di http://www.poltekkesbandung.ac.id
    Mungkin bulan April atau Mei ada pengumumannya
    Salah satu syarat pendaftaran adalah Ijazah SMA/MA IPA/IPS, atau paling tidak surat keterangan lulus

    Balas
  • 16. eva eliana  |  6 Maret 2014 pukul 4:03 pm

    assalamualaikum
    mba, jadi jurusan kebidanan g masuk jalur pmdp yh, kapan di lakukan ujian tulis nya mba? dan di mna tempatnya??

    Mod :
    Tunggu pengumuman di http://www.poltekkesbandung.ac.id
    Anda nanti bisa pilih tempat ujian, bisa di Bandung, di Bogor atau di Karawang

    Balas
  • 17. nita (@NitaPebriana)  |  6 Maret 2014 pukul 8:51 pm

    oh saya kira jurusan kebidanan bandung jalur pmdp, jadi kalo mau ambil jurusan kebidanan bandung tunggu nanti aja ya ? gak usah kirim” lewat pos ?

    Mod :
    Iya, tunggu saja pengumuman di http://www.poltekkesbandung.ac.id

    Balas
  • 18. cucun cunayah  |  7 Maret 2014 pukul 5:41 pm

    saya mau tanya DIII kebidanan harus daftar dulu gak??atau harus mengikuti test dulu???

    Mod :
    Daftar di http://www.poltekkesbandung.ac.id/ untuk bisa mengikuti ujian tulis

    Balas
  • 19. eva eliana  |  8 Maret 2014 pukul 2:51 pm

    ohh jadi sama aja daftarnya mah di poltekkes bandung?,walaupun pngen masuk nya yg di karawang jga ya mba?

    Mod :
    Program Studi D3 Kebidanan Karawang adalah salah satu Prodi (bagian dari) Poltekkes Bandung

    Balas
  • 20. syafrina  |  14 Maret 2014 pukul 8:21 am

    Asalamualaikum. Saya mau bertanaya . Saya sudah mendaftar di jalur PMDP jurusan kebidanan . Tapi saya tidak mengirim uangnya . Karena pas saya baca lagi jurusan kebidanan tidak ada jalur PMDP . Itu gak jadi pengaruh kan ? Dan biasanya sebelum diadakan tes tulis suka mengadakan try out terlebih dahulu itu jadwalnya tgl brpa ? Trma kasih.

    Mod :
    Anda bisa daftar jalur Ujian Tulis kalau pendaftaran sudah dibuka.
    Biasanya HIMA (Himpunan Mahasiswa) Prodi Kebidanan Karawang @himabidankrw dan BEM Poltekkes Bandung @bempoltekkesbdg yang mengadakan try out.

    Balas
  • 21. ade  |  24 Maret 2014 pukul 1:42 am

    ka mau taya lulusan smk bisa masuk kebidanan ga?

    Mod :
    Untuk Jurusan/Program Studi Kebidanan hanya menerima lulusan SMA/MA Jurusan IPA/IPS

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Subscribe to the comments via RSS Feed


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: